Informasi Seputar Indonesia

9 Cara Jitu Mengatasi Demam Panggung

Demam panggung adalah kekhawatiran, ketakutan, atau phobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton atau kamera. Bentuk ketakutan ini dapat mendahului atau menyertai penampilan. Demam panggung juga ditemukan pada olahragawan. 

Dalam kasus ini ketakutan bahwa mereka akan berprestasi lebih rendah dari harapan penonton. adapun tanda-tanda orang yang mengalami demam panggung yaitu tangan akan berkeingat, detak jantung yang begitu cepat, gelisah, perasaan ingin buang air kecil, wajah merah merona dll. Beberapa dampak yang ditimbulkan dari demam panggung adalah kaki dan tangan gemetaran, mulut kering terasa kering. Hal yang kita ketahui bahwa Demam panggung dapat menimpa siapa saja, baik bagi sudah berpengalaman tampil terlebih masih pemula.

1. BERDOA

Ya berdoa adalah salah satu bentuk permohonan/meminta pertolongan kepada Sang Pencipta, supaya segala sesuatu dapat di mudahkan kala tampil di berpidato di depan umum, Saya kira bukan dalam hal berpidato saja akan tetapi segala sesuatu yang hendak kita kerjakan haruslah diawali dengan cara berdoa, supaya kita mendapat perlindungan dari sang Pencipta.

2. TANAMKAN RASA PERCAYA DIRI YANG KUAT

Yakinkan diri anda bahwa Anda pasti dapat melakukannya. tanamkan dalam benak anda bahwa tampil di depan umum adalah hal yang begitu mudah. Buang jauh-jauh rasa minder pada diri Anda. Tanamkan pada diri Anda rasa percaya diri yang kuat supaya berani berpidato di atas panggung. Dengan rasa percaya diri dan keberanian yang kita tanamkan, maka hal ini akan mampu mengalahkan rasa takut yang selalu menghantui pikiran.

3. JANGAN TAKUT SALAH

Kadang kala seseorang merasa stress sehingga mengalami demam panggung akibat merasa takut gagal dalam saat harus tampil didepan orang banyak. Salah satu cara mengatasi demam panggung adalah dengan menghilangkan pikiran bahwa anda harus sukses. Yakinkan dalam hati Anda bahwa anda benar sudah siap.

4. JANGAN BERFIKIR NEGATIF

9  Cara Jitu Mengatasi Demam Panggung


Hilangkanlah pikiran-pikiran negatif yang bisa mempengaruhi, sehingga pikiran tersebut menjadikan Anda merasa takut untuk tampil dihadapan orang banyak.

5. PERSIAPKAN MATERI YANG AKAN DI BAWAKAN

Berbicara di hadapan orang banyak sebenarnya sama saja jika kita bercakap-cakap dengan teman. Hanya saja yang membedakan hal demikian dilakukan secara formal di di hadapan khalayak ramai. Sebaiknya anda harus menguasai materi yang hendak kita paparkan supaya tak akan terjadi demam panggung.

6. LATIHAN BERBICARA DI HADAPAN CERMIN

Mengulang ulang materi dengan suara lantang sangatlah penting. Buatlah suasana selayaknya bahwa Anda sedang berada di hadapan orang banyak dengan menggunakan media cermin. Berdiri tegak di hadapan cermin yang besar dan mulailah berpidato. Anggap saja bayangan Anda yang ada dalam cermin sebagai para tamu/undangan yang hadir dalam acara yang akan kita hadiri untuk berpidato.

7. PAHAMI KONDISI PENONTON

Penonton adalah faktor utama peyebebab seseorang mengalami demam panggung. Nah sebaiknya kenalilah karakter dan karakter penonton yang ada dalam acara dan sebaiknya

sesuaikan dengan hal yang hendak kita sampaikan atau hal lain yang nantinya akan anda sampaikan. Jika Audience berasal dari kalangan orang-orang yang berpedidikan tinggi, gunakanlah gaya bahasa formal demi menciptakan perasaan bangga.

8. JADIKAN DIRI ANDA LEBIH TAHU DARIPADA PENDENGAR

Anggaplah bahwa kira lebih tahu daripada Audience hal demikian adalah salah satu upaya yang dianggap efektif untuk menghindari pikiran-pikiaran lain yang bisa mengganggu sehingga menjadikan kita merasa cemas. Kala berpidato dihadapan orang banyak, yakinkan pada diri anda bahwa adalah seorang penguasa di tempat itu. Andalah orang yang lebih tahu ketimbang orang yang ada di depan Anda. Dengan menerapkan hal ini bahwa kita lebih pintar dan cerdas daripada audience hal ini dapat menjadikan kita lebih leluasa dan merasa nyaman berpidato.

9. LAKUKAN PERCOBAAN

Walaupun sebelumnya kita sudah menerapkan beberapa tips supaya tidak demam panggung tapi kadang kala pada saat acara sedang berlangsung rasa takut akan muncul saat menanti giliran tampil. Untuk mengatasi demikian minumlah segelas air putih sebelum naik pangung serta tarik nafas dalam-dalam. Tips jika berada pas berada di atas panggung/depan umum tubuh anda gemetaran maka peganglah sesuatu. Misal memengang benda yang tak bergerak stand mic atau meja podium hal ini dapat menyamarkan getaran.

Jadi ,itulah tadi sedikit informasi tentang Demam Panggung yang bisa saya sampaikan, sekarang giliran kamu untuk mencoba. Dalam suatu buku, dikatakan bahwa lebih baik dicambuk daripada berbicara di depan publik, tapi begitu mencoba, maka lebih baik ditembak daripada berhenti
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : 9 Cara Jitu Mengatasi Demam Panggung

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete