Informasi Seputar Indonesia

27 Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Di Indonesia terdapat banyak tumbuhan yang mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, tak heran jika banyak orang menyebut Indonesia sebagai Negara Kaya akan alamnya. Lebih dari jutaan ribu tumbuhan tumbuh di tanah indonesia dan dua diantaranya adalah kulit manggis dan daun sirsak.

Namun di indonesia sendiri hanya sebagian orang yang mengetahui khasiat kulit manggis dan daun sirsak ini karena minimnya pengetahuan, bahkan ada pula yang menyepelakan kedua tumbuhan tersebut. Namun setelah di teliti oleh pakar-pakar ilmu kesehatan ternyata kulit manggis dan daun sirsak memiliki kandungan dan khasiat yang sangat luar biasa untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis dan akut. Disini saya telah menulis 27 Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan untuk lebih jelasnya silahkan baca disini

Manggis mengandung Vitamin C, Vit. B1 dan B2, Niacin, Kalium, protin, Besi, Tanin, Resin, asam malat, mangoistine crytalizable, dan kaya Xanthon. Selain itu, buah manggis berguna sebagai antioksidan, sifat antioksidan manggis lebih tinggi dari vitamin E dan vitamin C. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menunda atau mencegah reaksi oksidasi radikal bebas dalam oksidasi lipid.
Berikut Adalah Beberapa Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan :
  1. Memperkuat sistem kekebalan.
  2. Menyembuhkan peradangan.
  3. Memperbaiki komunikasi antar sel.
  4. Mengagalkan kerusakan DNA.
  5. Alat bantu sistem getah bening.
  6. Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
  7. Mengurangi resistensi insulin.
  8. Membantu penurunan berat badan.
  9. Menyembuhkan kerusakan urat syaraf.
  10. Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
  11. Alat bantu dari sinergi tubuh.
  12. Meringankan wasir.
  13. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah (hypoglycemia).
  14. Meringankan penyakit kulit kemerah-merahan/bersisik (psoriasis).
  15. Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur
  16. Mengurangi tingkat kegelisahan, cemas, dan kepanikan
  17. Mencegah penyakit urat syaraf
  18. Mengencangkan kulit
  19. Mencegah penuaan dini
  20. Menurunkan berat badan
  21. Mencegah penyakit katarak.
  22. Sebagai anti oksidan
  23. Mencegah penyakit kanker
  24. Mencegah penyakit Alzhaimer
  25. Mencegah diare
  26. Anti peradangan (anti-inflamasi)
  27. Anti depresi.
Cara Membuat Ramuan Obat dari Kulit Manggis

Dibuat Jus
Caranya kerok kulit buah manggis, taruh dalam blender kemudian campurkan air satu gelas dan tambahkan gula secukupnya agar rasanya menjadi manis, lebih baik anda gunakan gula merah/gula jawa, anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pait, setelah itu blender sampai halus. Kemudian minum dengan rutin setiap 2 kali sehari.

Direbus dan dikeringkan


Caranya adalah iris kulit buah manggis tipis-tipis kemudian jemur diterik matahari hingga kering, hal ini bertujuan agar kulit manggis tersebut bisa bertahan lama serta tahan terhadap jamur. Sementara itu untuk membuatnya jadi obat, ambilah satu genggam kulit buah manggis yang sudah kering kemudian rebus dengan segelas air, tunggu beberapa saat hingga kulit manggis tersebut menjadi layu. Setelah layu ambil rebusan kulit manggis tersebut kemudian pakailah untuk membuat jus dan campur dengan buah lainnya.

Dengan cara ditumbuk

27 Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan


Caranya hampir sama dengan diatas, yakni keringkan kulit buah manggis, kemudian setelah kering ambil kulit manggis secukupnya lalu tumbuk hingga menjadi serbuk yang halus. Sementara itu untuk membuatnya menjadi obat, ambilah serbuk dari kulit manggis tersebut kemudian campurkan dengan jus/seduh dengan air yang panas kemudian tambahkan madu biar rasanya tidak pekat/pahit.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan:
Banyak penemuan penemuan baru akan khasiat, manfaat serta kegunaan yang menunjukan daun sirsak adalah obat herbal dengan multi khasiat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit, berikut secara lengkap kumpulan gangguan kesehata dan penyakit yang bisa di bantu kesembuhannya dengan mengkonsumsi prodak olahan daun sirsak baik air rebusan, maupun kapsul minyaknya:

  1. Menurunkan penyakit gula.
  2. Membasmi sel kanker berbagai jenis.
  3. Mengatasi asam urat.
  4. Mengobati sakit pegal punggung.
  5. Meningkatkan sistem anti bodi.
  6. Mencegah masuknya infeksi.
  7. Mengobati rematik.
  8. Membunuh bakteri, parasit dan virus penyebab penyakit.
  9. Obat herbal bisul luar dalam.
  10. Eksim.
  11. Membantu menyamarkan komedo.
  12. Mematikan kutu rambut.
  13. Membantu penyembuhan malaria.
  14. Sebagai herbal penghilang rasa sakit dan nyeri.
  15. Mengatasi darah tinggi.
  16. Menurunkan kadar gula dalam darah.
  17. Menguatkan sistem syaraf tubuh.
  18. Memaksimalkan kinerja jantung.
  19. Mempu memperbanya produksi asi.
  20. Mematikan cacing usus.
  21. Melancarkan buang air kecil.
  22. Sebagai herbal penenang emosi ( mood ).
  23. Menyehatkan ginjal.
  24. Membantu mengatasi keputihan.
  25. Mengobati kista.
  26. Menurunkan tekanan darah tinggi ( hipertensi ).
  27. Dapat di konsumsi oleh ibu hamil.
Cara Membuat Ramuan Obat Daun Sirsak

Untuk mengobati asam urat
Selain untuk kanker,manfaat dari daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat.Bahkan banyak metode pengobatan asam urat dengan menggunakan daun sirsak.Makan daun sirsak dapat sangat membantu dalam mengobati asam urat. Cara pengolahan ; ambil sekitar 6-10 helai daun sirsak yang sudah tua tetapi masih tetap berwarna hijau,rebus daun sirsak dengan 2 cangkir air bersih sampai mendidih dan biarkan hingga tersisa sekitar 1 cangkir.Minum ramuan ini dua kali sehari di pagi hari dan sore hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Untuk mengobati nyeri punggung Sakit nyeri pada punggung sering dialami oleh banyak orang,terutama saat brolahraga.Menggunakan bahan-bahan kimia untuk nyeri punggung dapat mengakibatkan efek samping.Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung dan tanpa efek samping. Cara pengolahan ; anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas.Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari.

Untuk mengobati eksim dan rematik 
Penyakit rematik lebih sering di derita oleh orang tua,sakit rematik ini menyebabkan rasa sakit yang hebat.Daun sirsak adalah pengobatan alami untuk sakit arthritis. Cara pengolahan ; haluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah tubuh yang terasa nyeri akibat arthritis dan eksim.Lakukan ini secara teratur dua kali sehari. 

Pengobatan Diabetes Batas
kadar gula normal seseorang berkisar antara 70 mg sampai 120 mg.Nutrisi dalam daun sirsak diyakini mamu menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal.Selain itu,ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk obat diabetes alami. 6.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi Kandungan gizi daun sirsak diyakini mempu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh. Cara pengolahan ; rebus 4/5 daun sirsak dalam 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum air rebusan daun sirsak ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang 27 Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : 27 Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

0 comments:

Post a Comment