Informasi Seputar Indonesia

9 Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Secara Alami dan Ampuh 2017

Komedo menjadi salah satu istilah masalah pada kulit yang cukup populer. Ya, hal ini disebabkan karena permasalahan pada kulit ini hampir melanda setiap orang apalagi pada masa pubertas dimana produksi sebum meningkat secara signifikan. Komedo terjadi karea ada suatu penyumbaatan pada pori-pori kulit sehingga akan tercipta tonjolan kecil berwarna putih dimana biasa disebut dengan whitehead atau tonjolan kecil berwarna hitam yang disebut dengan blackhead. 

Komedo mudah sekali ditemukan di area hidung, area mata, di sekitar janggut, dan bagian-bagian tubuh lain. Kini Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami di bawah ini mampu menyelesaikan permasalahan kulit ini dengan tanpa efek samping apapun. Simak beberapa cara menghilangkan komedo di hidung dengan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Uap Panas

Mengingat komedo tercipta karena penyumbatan pori-pori, Anda harus membuka pori-pori kulit untuk dapat mengeluarkan komedo. Caranya yaitu didihkan air dan ketika sudah mulai muncul uap, dekatkan wajah Anda agar uap bisa menyapu seluruhnya permukaan wajah khususnya hidung. Lakukan selama 5 menit kemudian bersihkan wajah dengan handuk lembut. Lakukan setiap pagi sampai komedo tak terlihat lagi.

2. Putih Telur

Puth telur kaya akan protein yang bukan hanya memberi nutrisi, tetapi juga akan mengangkat lemak dan sel kulit mati. Basahi wajah Anda dengan air hangat, kemudian oleskan putih telur menggunakan kuas pada area hidung Anda. Tunggu selama 10 menit lalu bilas wajah Anda dengan air dingin.

3. Buah Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin E dan anti oksidan yang baik untuk kulit. Untuk penghilangan komedo, haluskan buah pepaya sampai halus. Kemudian gunakan sebagai masker di sekitar hidung. Tunggu selama 15 menit sampai nutrisi benar-benar terserap. Bilas dengan air bersih dan ulangi secara rutin sebelum tidur malam.

9 Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Secara Alami dan Ampuh 2017


4. Lemon

Sudah menjadi rahasia umum jika buah lemon sudah teruji kehandalannya dalam kesehatan kulit. Dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang melimpah, Anda bisa menggunakannya sebagai obat komedo. Peras satu buah jeruk lemon kemudian oleskan pada area hidung yang berkomedo. Diamkan selama 5 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Jangan pernah langsung mengoleskan lemon tanpa memerasnya dulu karena mungkin akan perih bagi kulit sensitif.

5. Aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi komedo di hidung. Caranya adalah dengan mengambl gel dari dalam daun lidah buaya. Ambil menggunakan sendok dan kumpulkan di dalam mangkok. Bersihkan wajah dengan air bersih kemudian oleskan gel yang sudah didapat pada area hidung. Diamkan selama 10 menit sampai gel mengering. Bilas wajah Anda menggunakan air dingin dan keringkan.

6. Garam

Garam dapat difungsikan sebagai scrub pengangkat kotoran, termasuk komedo di hidung. Larutkan satu sendok teh garam pada setengah gelas air. Biarkan larut dengan sendirinya dan jangan diaduk. Gunakan larutan ini untuk mencuci bagian muka yang berkomedo dan biarkan mengering selama 15 menit. Bilas wajah Anda dengan air bersih dan keringkan.

7. Kacang Kedelai

Kandungan kalsium, protein, dan nutrisi lain pada kedelai sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Rendam kacang kedelai seberat 50 miligram kedalam air selama 3 jam. Blender kacang kedelai sampai halus kemudian oleskan menggunakan kuas pada area hidung. Cuci muka Anda menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk.

8. Gandum

Campurkan 1 sendok gandum terbaik dengan 2 sendok makan air dingin. Aduk hingga menjadi pasta. Gunakan pasta ini sebagai masker untuk wajah Anda, khusunya pada bagian hidung. Biarkan pasta mengering sekitar 30 menit atau kurang, kemudian bilas wajah Anda menggunakan air dingin.

9. Daun Sirih

Daun sirih kaya akan anti bakterial yang mampu membunuh kuman pada pori-pori kulit. Haluskan beberapa helai daun sirih lalu oleskan perlahan pada hidung yang berkomedo.

10. Pala

Siapa sangka rempah satu ini mampu mengangkat komedo secara efektif. Haluskan buah pala dan campurkan dengan air. Gunakan pasta pala ini sebagai masker dengan mengoleskannya pada hidung yang berkomedo. Bilas dan rasakan keampuhan pasta biji pala.

11. Kulit Jeruk

Suka makan buah jeruk? Kini Anda tidak perlu membuang kulitnya karena kulit buah jeruk dapat digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah. Caranya yaitu dengan menjemur kulit jeruk pada matahari langsung sampai benar-benar kering. Blender kulit jeruk yang telah kering sampai benar-benar halus. Campurkan seidikit air hingga menjadi pasta yang sempurna. Oleskan pasta ini pada bagian hidung yang berkomedo, tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

12. Kayu Manis

Haluskan kayu manis hingga menjadi bubuk halus. Tambahkan air secukupnya sampai menjadi pasta. Oleskan pada area hidung yang berkomedo sambil diberi pijatan-pijatan lembut. Diamkan hingga pasta kayu manis mengering lalu bilas dengan air hangat.

13. Es Batu

Es batu juga dapat diaplikasikan sebagai bahan alami untuk penghilangan komedo. Ambil beberapa bongkah es batu lalu masukkan pada handuk lembut. Usapkan handuk yang telah berisi es batu ini sebagai kompres pada area hidung yang berkomedo. Sensai dinginnya juga akan memperkecil pori sehingga kuman bakteri akan terhalang untuk masuk ke dalam kulit Anda.

14. Air Putih

Ya, mengkonsumsi air putih lebih banyak saat komedoan akan membantu mengurangi kadar komedo di kulit. Hal ini karena air putih mampu menstabilkan metabolisme tubu yang akan otomatis berdampak pada kelembapan dan kesehatan kulit.

15. Make Up

Bisa jadi make up yang setiap hari Anda aplikasikan pada kulit wajah Andalah yang menyebabkan komedo. Bagaimana tidak, penggunaan make up secara berlebihan akan menghalangi kult untuk bernafas. Ada baiknya Anda mencuci wajah dari semua make up hingga kulit Anda menjadi alami seperti sedia kala. Menghindari penggunaan make up berlebihan sangat efektif dilakukan untuk menghilangkan komedo.

16. Kopi

Untuk yang gemar minum kopi, ada baiknya kini tidak membuang ampasnya. Pasalnya, Anda bisa menggunakannya sebagai masker untuk menghilangkan komedo di hidung. Caranya sangat sederhana yaitu dengan mengoleskan kopi yang telah menjadi pasta pada wajah Anda. Diamkan hingg mengering lalu bilas dengan air bersih.

17. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh kaya akan antiseptik yang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya komedo dan peradangan pada kulit. Teteskan 5 tetes minyak pohon teh pada setengah gelas air kemudian celupkan kapas ke dalamnya. Oleskan kapas tersebut pada hidung yang berkomedo dan tunggu hingga 15 menit. Bilas dengan air hangat dan ulangi langkah ini secara rutin.

18. Odol

Oleskan pasta gigi atau odol pada area komedo di hidung. Tunggu selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan setiap malam sebelum tidur dan rasakan perbedaannya pada pagi hari.

19. Susu

Campurkan susu dan gelatin agar menjadi lebih mengental. Aplikasikan pada hidung yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan tisu halus.

Itulah 19 cara menghilangkan komedo di hidung secara alami. Kini tidak pe

rlu risau dengan masalah kulit yang berkomedo karena Anda bisa mengatasinya dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah, Selamat mencoba.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : 9 Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Secara Alami dan Ampuh 2017

0 comments:

Post a Comment