Informasi Seputar Indonesia

2 Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

Manusia diciptakan dan ditakdirkan hidup di dunia ini tidak dapat hidup menyendiri jauh dari orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki keterbatasan dan kelemahan. Manusia tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Misalnya, seorang insinyur tidak dapat mengobati penyakit yang ada pada dirinya. Yang dapat mengobati adalah dokter. Seorang pedagang perlu makan, padahal ia tidak pernah menanam padi. Petani perlu pakaian, padahal ia tida mampu membuat kain sendiri dan sebagainya. Berikut ini adalah Cara Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

Manusia dalam hidupnya saling membutuhkan dan saling ada ketergantungan satu dengan yang lain. Tuhan menciptakan manusia dalam berbagai suku dan bangsa untuk saling mengenal dan saling menolong dalam kehidupan. Tidak ada kelebihan seseorang di atas yang lain kecuali ketaqwaan dan budi pekerti luhur.

A. Berbuat Baik kepada Kedua Orang Tua

Hubungan sosial yang pertama bagi seseorang manusia begitu lahir ke dunia adalah dengan orang tuanya. Oleh karena itu pertama kali seseorang dibebani kewajiban adalah berlaku baik dan berbakti kepada kedua orang tua, sebagai kewajiban nomor dua setelah kewajiban berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menghormati ibu bapak merupakan perintah/ajaran agama yang memegang peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab pergaulan yang baik dalam rumah tangga/keluarga dapat menciptakan kondisi baik dalam pergaulan masyarakat. 

2 Tips Cara Menggembangkan Interaksi dalam Hubungan Sosial


Sebaliknya sikap tidak menghormati kedua orang tua akan menimbulkan aib dan penilaian tidak simpatik dari anggota masyarakat, bahkan dalam ajaran agama sikap tersebut termasuk kategori “dosa besar”. Mengapa agama mengajarkan agar manusia berbuat baik dan berbakti kepada ibu bapak, antara lain adalah karena kasih sayang yang dicurahkan kepada anak-anaknya dan segala macam usaha yang dilakukan agar anak-anaknya menjadi anak yang soleh, terhindar dari jalan yang sesat, sejak masih dalam kandungan ibu hingga lahir dan dewasa. 

Berbakti kepada orang tua tidak cukup pada saat mereka masih hidup, tetapi harus diteruskan meskipun keduanya sudah meninggal dunia, yaitu dengan mendoakan agar diberi pahala dan ampunan dari segala dosanya. Juga dengan menunaikan janji mereka apabila mereka punya janji, menghormati teman-teman ibu bapak, menghubungkan tali persaudaraan dan hubungan kasih sayang dengan handai taula mereka.

B. Berbuat Baik kepada Sesama Manusia

Dalam pandangan agama dan kepercayaan apapun di dunia ini memandang sikap tolong menolong sesama makhluk adalah sudah naluri pada setiap manusia, sebab dalam perkembangannya hidup manusia selalu ditolong oleh pihak lain.

Perbedaan status sosial dan perbedaan profesi anggota masyarakat mengakibatkan tolong menolong diantara berjalan alami. Misalnya, menjahit pakaian, mencukur rambut, membangun rumah dan lain-lain. Pekerjaan dan jasa membutuhkan pertolongan pihak lain yang ahli sesuai dengan profesinya masing-masing. Dengan demikian sikap tolong menolong merupakan bentuk pengabdian kepada sesama manusia yang dilakukan dengan penuh keikhlasan dan tanpa pamrih, sematamata hanya mengharap ridho Allah Swt. 

Selain tolong-menolong, semua agama juga mengajarkan agar sesama manusia saling menyayangi, saling mengasihi, saling menghormati, dan saling menghargai. Dan menghindari ucapan-ucapan buruk kepada siapapun, karena ucapan buruk dapat menimbulkan permusuhan dan kebencian. Jika berlarut-larut akan menjurus kepada pertumpahan darah

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang 2 Tips Cara Menggembangkan Interaksi dalam Hubungan Sosial semoga artikel ini daat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : 2 Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

0 comments:

Post a Comment