Informasi Seputar Indonesia

5 Tips Cara Belajar yang Efektif, LENGKAP!

Sebagai seorang pelajar kita semua mempunyai tugas utama yaitu belajar. Proses belajar yang baik diharapkan akan dapat menghasilkan prestasi yang optimal. Oleh karena itu kita perlu memikirkan kebiasaan dan cara belajar yang baik agar dapat memperoleh hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Namun kebanyakan dari kita masih saja salah dalam melakukan cara belajar yang baik dan benar, sehingga harapan untuk mendapat nilai yang baik pun sirna. Nah, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Tips Cara Belajar yang Efektif selengkapnya silahkan baca disini.

Kebiasaan dan Cara Belajar

Sebelum melakukan kegiatan belajar, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan antara lain sebagai berikut.

1. Diri Sendiri
  • Kita harus menumbuhkan rasa senang terhadap pelajaran yang kita pelajari. Hal ini sangat membantu dalam rangka menumbuhkan semangat belajar (motivasi) yang akan membuat kita dapat menikmati belajar dan tidak cepat bosan.
  • Menumbuhkan rasa senang terhadap guru. Hal ini penting sekali karena apabila kita tidak senang dengan guru maka secara langsung kita tida akan dapat menerima pelajaran dengan baik dan tentunya kita tidak akan dapat menerima pelajaran dengan baik dan tentunya kita tidak akan dapat berkonsentrasi dengan baik.
  • Badan harus sehat dengan makan dan olahraga teratur. Badan yang sehat akan sangat membantu dalam proses belajar karena kita karena kita tidak dapat belajar tanpa gangguan pusing, mual atau gangguan kesehatan yang lain. Seperti pepatah, “Di dalam badan yang sehat terkandung jiwa yang kuat” dengan demikian kita akan dapat belajar dengan baik.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri bahwa kita bisa melakukannya. Menumbuhkan optimisme sangat penting untuk menumbuhkan semangat belajar, sedangkan pesimisme (tidak percaya diri) akan cenderung melemahkan semangat.
2. Tempat Belajar

5 Tips Cara Belajar yang Efektif, LENGKAP!


a. Sediakan tempat ang teratur

Teratur dan dipersiapkan untuk belajar dan tidak bercampur dengan kegiatan yang lain. Tempat diatur dengan baik sehingga menjadikan kita mudah mendapatkan apa yang kita butuhkan.

b. Hindari tempat yang berangin

Tempat yang terlalu banyak angin akan cepat menimbulkan rasa kantuk dan tentunya juga kurang baik bagi kesehatan.

c. Harus ada penerangan yang baik

Penerangan yang baik penting sekali untuk kesehatan mata. Penerangan yang kurang akan menganggu penglihatan dan mata cepat lelah. Sebaiknya menggunakan lampu neon dengan jarak yang cukup dengan meja belajar kita.

d. Usahakan tempat yang tenang dari keramaian anak-anak

Ketenangan akan memudahkan kita berkonsentrasi terhadap materi pelajaran. Tentunya juga akan lebih baik apabila jauh dari kegiatan anak-anak agar kita tidak terganggu dengan suara berisik anak-anak yang sedang bermain.

e. Mengatur tempat dengan rapi

Tempat yang rapi akan membuat kita nyaman dalam belajar dan kenyamanan itu akan membuat kita betah dan tidak bosan. Suasana yang berantakan dan kotor akan membuat kita malas belajar.

3. Bahan Pelajaran

a. Menentukan bahan yang akan dipelajari, tidak campur baur

Menyelesaikan masalah satu persatu lebih baik dibandingkan dengan menyelesaikan beberapa masalah sekaligus. Demikian juga dengan belajar satu bidang studi tertentu satu waktu, baru selanjutnya belajar bidang studi lain akan lebih baik.

b. Mentaati ketetapan diri sendiri

Kita harus dapat mentaati aturan yang kita buat sendiri, misalnya kita akan belajar selama 20 menit, tapi berulang-ulang. Jadi kita harus mentaati waktu tersebut, tidak diselingi dengan kegiatan-kegiatan lain yang kurang perlu misalnya ngobrol, menonton televisi, dsb.

c. Menyediakan alat yang dibutuhkan dalam pelajaran tersebut

Menyiapkaan peralatan yang mungkin dibutuhkan dalam belajar mengajar, misalnya mistar, pulpen, pensil, penghapus, jangka, buku-buku referensi. Maksudnya adalah agar kegiatan belajar kita tidak terputus, karena mencari alat yang dibutuhkan.

4. Waktu Belajar

Waktu belajar disesuaikan dengan jadwal atau kegiatan kita masing-masing. Oleh karena itu penting sekali membuat program belajar atau jadwal belajar kita sehari-hari. Hal ini dimaksudkan agar kejadian yang satu tidak berbenturan waktunya dengan kegiatan yang lain. Sehingga dalam belajarpun kita akan tenang karena memang sudah kita rencanakan waktunya.

5. Istirahat

Istirahat yang baik bukan masalah lamanya istirahat tetapi kualitas istirahat tersebut. Istirahat yang paling baik adalah tidur. Jadi setelah belajar sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang berat yang menyita pikiran, agar apa yang baru kita pelajari dapat tersimpan baik dalam ingatan kita. Cara belajar yang baik juga akan menentukan hasil yang akan kita dapatkan, misalnya seperti berikut.

a. Apabila sudah memiliki cara belajar sesuai sebaiknya dilanjutkan

Tiap orang adakalanya memiliki cara belajar yang sesuai degan dirinya. Hal ini dimungkinkan karena manusia memiliki type yang berbeda yaitu type auditif, visual dan kinestetik (psikomotorik).

Ada seorang yang dapat belajar baik yaitu dengan cara mendengarkan, ada yang dengan cara melihat, dan ada pula harus mempraktikkan. Kita harus mengenali type diri kita sendiri sehingga dapat menerapkan cara belajar yang tepat.

b. Bagi yang sulit belajar ada beberapa cara yang dapat dicoba, antara lain sebagai berikut.
  1. Baca keseluruhan dalam satu bab, sambil menandai hal yang penting. Menandai bagian yang penting dengan cara menggaris bawahi atau dengan spidol/stabilo berwarna agar kita mudah mencarinya.
  2. Membaca sambil menulis pokok-pokoknya dalam catatan, yaitu dengan menyediakan buku khusus ringkasan yang berisi pokok-pokok dari materi yang kita pelajari.
  3. Mempelajari pokok-pokoknya saja, dengan mempelajari bagian-bagian yang penting kemudian berusaha memberikan pengembangan dengan bahasa kita sendiri agar kita mudah untuk memahaminya.
  4. Membuka kembali bagian yang lupa, berusaha mengingat apa yang kita pelajari dari bagian yang penting dan apabila lupa kita dapat membuka kembali buku yang sebelumnya sedah kita berikan tanda.
  5. Menggunakan simbol-simbol tertentu untuk menandai, simbol yang dimaksud adalah simbol khusus yang udah dimengerti, misalnya dengan menggunakan spidol warna merah untuk hal yang sangat penting san sulit, spidol kuning untuk penjelasannya dan sebagainya. Atau dengan gambar-gambar tertentu yang memudahkan ingatan kita.
  6. Mempraktikkan dan berlatih mengerjakan soal, bidang studi tertentu memerlukan praktik untuk memperjelas teor, misalnya matematika IPA, olahraga, ketrampilan dan sebagainya. Pelajaran matematika misalnya, apabila kita sering latihan mengerjakan soal maka akan lebih mudah mengerti atau memahami materi. Juga untuk pelajaran olahraga, ada gerakan-gerakan tertentu yang harus dipraktekkan dengan benar agar tidak terjai cidera.
  7. Menanyakan kepada guru, keberanian untuk bertanya ditumbuhkan pada diri siswa. Seperti halnya pepatah “malu bertanya sesat di jalan” artinya apabila tidak mau bertanya padahal kita tida tahu maka akan mengalami kesulitan. Bertanya bukan berarti bodoh, tetapi untuk menjelaskan masalah. Pastilah bapak/ibu guru akan senang apabila siswa berani bertanya apabila ada hal yang belum jelas.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Tips Cara Belajar yang Efektif semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : 5 Tips Cara Belajar yang Efektif, LENGKAP!

0 comments:

Post a Comment