Informasi Seputar Indonesia

20 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh 2017

Langkah menyembuhkan sariawan di lidah dan bibir bagian dalam adalah satu diantara persoalan kesehatan pada rongga mulut yang banyak dihadapi. Sariawan kerap dimulai dengan peradangan pada daerah rongga mulut, seperti munculnya bibir kering serta pecah-pecah. Pada intinya sariawan adalah luka pada mulut yang berupa bulat cekung berwarna kemerahan serta jadi benar-benar nyeri. Saat tersentuh makanan, sariawan bakal menyebabkan rasa yang perih hingga bikin menyusutnya nafsu makan.

Sekarang ini sudah banyak beredar secara luas obat-obatan untuk menyebuhkan sariawan. Namun tentu saja untuk masalah yang tidak terlalu gawat, orang-orang biasanya lebih memilih menggunakan pengobatan alami. Berikut ini adalah Langkah menyembuhkan sariawan dengan cepat yaitu dibawah ini :

1. Air Kelapa

Ambillah air kelapa, misalnya ada air kelapa hijau. Pakai untuk kumur serta dapat pula ditelan. Ini merupakan cara mengobati sariawan yang paling mudah sekaligus enak tapi juga ampuh.

2. Jambu Air

Ambillah kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang tetap muda), bersihkan serta tumbuk halus makin 1/2 gelas air masak, saring. Pakai air saringan itu untuk kumur.

3. Kopi Bubuk

Ambillah sedikit bubuk kopi lalu berikan di bagian yang sariawan, biarlah berapa menit, lalu kumurlah dengan air bersih. Sampai pulih. Insaalah dapat pulih lebih kurang 2 – 3 hari.

4. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang di gabung garam tiga kali satuhari sanggup mengobati luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam sanggup menarik cairan pada luka sariawan jadi sanggup mempercepat pengobatan.

5. Minum yogurt

Yogurt menolong keseimbangan bakteri di mulut serta badan. Hal tersebut dapat mempercepat pengobatan serta menolong menghindar sariawan. Buat rasakan akhirnya, yakinkan yogurt memiliki kandungan acidophilus hidup.

6. Basuh mulut dengan obat tradisional
Basuh mulut dengan satu diantara dari berapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil serta air hangat dengan garam.

7. Berikan luka dengan bawang serta pepaya

Menggunakan segera obat ke luka sariawan bisa juga mempercepat sistem pengobatan. Pakai bawang mentah, pepaya atau kantong teh segera pada luka sariawan.

8. Tomat


Cara mengatasi Sariawan yang selanjutnya yaitu memanfaatkan tomat. Makan tomat mentah sebagai obat untuk menanggulangi sariawan. Atau dapat pula, kumur memakai juice tomat.

9. Daun Kemangi serta Kunyit

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi. Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Cara barusan efisien untuk meredakan nyeri sariawan serta selekasnya mengobati. Dapat juga mengulaskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit di gabung dengan satu sendok teh gliserin. Berikan pasta ini di bagian luka.

10. Cobalah baking soda

Obat sariawan alami yang berikutnya dengan menggunakan baking soda. Campur baking soda dengan air yang jadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda dapat menolong melenyapkan bakteri didalam mulut serta kurangi rasa sakit.

11. Temulawak

20 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh 2017


Temulawak banyak digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tapi ternyata rimpang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Bahannya adalah satu buah rimpang temulawak, iris tipis, satu buah asam jawa dan sedikit gula aren. Rebus dengan 2 gelas sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari.

12. Kaki kuda, pegagan, antanan

Ketiga nama tersebut merujuk pada jenis tanaman yang sama dan dapat digunakan untuk obat sariawan. Sediakan satu genggam daun taman kering, kemudian direbus selama 15 menit dan airnya diminum. Selain ampuh mengatasi sariawan ramuan ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, batuk dan peluruh air seni.

13. Temu kunci

Rimpang temu kunci secukupnya, cuci bersih kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Bentuk rimpang temu kunci agak berbeda dari rimpang lainnya seperti temulawak, jahe, lengkuas, dsb. Kalau dilihat-lihat lebih mirip wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah.

14. Delima putih

Buah delima secara garis besar dibedakan menjaid ua berdasarkan warnanya, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan. Caranya 2 buah delima putih diambil bijinya tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur.

15. Kembang sepatu

Daun bunga sepatu direbus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring lalua airnya diminum. Baca juga manfaat kembang sepatu yang lainnya.

16. Daun sirih hijau

Dua lembar daun sirih hijau dibersihkan lalu dikunyah hingga lumat di mulut. Biarkan sebentar lalu buang. Jangan dimakan yah. Baca juga manfaat daun sirih untuk kesehatan.

17. Daun jambu biji

Salah satu manfaat daun jambu biji adalah mengobati sariawan. Caranya mudah, sediakan segenggam daun jambu biji serta sepotong kulit batangnya, cuci bersih. Rebus dengan satu liter air bersih hingga tersisa kurang lebih satu gelas. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum sekaligus.

18. Mentimun

Mungkin tak banyak yang tahu bagaimana cara mengobati sariawan dengan mentimun . Kebanyakan orang mengetahui kegunaan mentimun sebagai masker wajah atau penurun tekanan darah tinggi. Ambil mentimun yang sudah tua tapi masih segar. Cuci bersih, iris-iris lalu dimakan. Habiskan 2 buah mentimun setiap harinya.

19. Tanaman adas

Siapa yang menyangka kalau tanamn adas juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional ayng super ampuh. Cara membuat ramuannya adalah 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, semua dihaluskan. Beri sedikit garam lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum, tapi jangan langsugn ditelah ke kerongkongan. air harus membasahi bagian mulut yang terkena sariawan. Ramuan herbal ini juga dapat mengetasi baumulut.

20. Asam jawa

Obat sariawan yang terakhir adalah daun asam jawa dan kunyit. Keduanya direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan gula enau. Airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore setelah makan. Lakukan secara rutin biar cepat sembuh.

Itu dia beberapa cara untuk mengobati sariawan yang perlu  Anda ketahui, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : 20 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh 2017

0 comments:

Post a Comment