Informasi Seputar Indonesia

Inilah Kekuatan Tempur Militer Indonesia 2015

Kekuatan Militer Indonesia - Kekuatan militer merupakan hal yang penting bagi suatu negara, agar disegani di mata dunia atau oleh negara-negara lain, tapi bukan untuk ditakuti ya. Karena itu wajar bila setiap negara berlomba-lomba membuat senjata yang mutakhir (alutsista).

Kekuatan Militer Indonesia

Adapun kekuatan alutsista meliputi persenjataan di medan darat, laut, dan udara. Persejataan darat meliputi kendaraan lapis baja, altireli, hingga persenjataan laras panjang. Persenjataan medan laut meliputi kapal patroli, kapal serang, kapal selam, hingga kapal induk. Sementara untuk persentajaan medan udara meliputi helikopter, pesawat tempur dan rudal, roket hingga senjata nuklir.

Pemutakhiran kekuatan militer dan kecanggihan persenjataan itu sangat penting bagi setiap negara, apalagi Indonesia merupakan negara maritim dan berbatasan langsung dengan beberapa negara lain. Wajar, Indonesia pun lumayan kewalahan dalam menjaga lautnya yang begitu luas karena minimnya kekuatan pendukung seperti kapal patroli, kapal cegat dan kapal tempur. Alhasil banyak kekayaan laut di wilayah Indonesia yang dicuri negara lain.

Kekuatan militer Indonesia sempat mengalami kejayaan di era Orde Lama (OrLa), pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Saat itu kekuatan militer Indonesia memiliki berbagai persenjataan mutakhir di zamannya. Bahkan negara besar saat itu, seperti Amerika Serikat, juga khawatir dengan perkembangan kekuatan militer Indonesia, dimana saat itu Indonesia mendapatkan bantuan dari Uni Soviet.

kekuatan militer indonesia


Setelah Orde Lama, kekuatan militer Indonesia terus mengalami perubahan, baik darat, laut, maupun udara. Berikut kekuatan militer Indonesia kurun waktu 2010-2014 berdasarkan penahapan kekuatan pokok minimum TNI Rencana Strategis (Renstra) 2010-2014.

ANGKATAN UDARA

Kekuatan militer Angkatan Udara Indonesia (AU) meliputi 161 Pesawat tempur, 53 pesawat angkut, 39 helikopter, dan 79 pesawat latih yang terdiri dari:
1. Pesawat F-16 C/D 52 ID
2. Pesawat EMB-314 Super Tucano
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : Inilah Kekuatan Tempur Militer Indonesia 2015

0 comments:

Post a Comment