Informasi Seputar Indonesia

Letak Geografis, Astronomi, dan Geologis Indonesia DETAIL

Pengertian Letak Geografis Indonesia, Letak Astronomi, juga Letak Geologis ini memang perlu anda ketahui. Karena mungkin Anda belum tahu, pengaruh atau dampak dari letak geografis yang dimiliki negara kita memberikan keuntungan yang baik sekali bagi kekayaan alam Indonesia. Seperti apakah pengaruhnya? Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia ditentukan berdasarkan posisi nyata terhadap posisi daerah lainnya. Dan jika dilihat di peta, Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Letak geografis inilah yang menjadikan Indonesia sangat setrategis dan penting dalam kaitannya dengan perekonomian. Karena Indonesia berada persimpangan lalu lintas dunia. Letak geografis merupakan salah satu determinan yang menentukan masa depan dari suatu negara dalam melakukan hubungan internasional.

Meski untuk sementara waktu diacuhkan, kondisi geografis suatu negara sangat menentukan peristiwa-peristiwa yang memiliki pengaruh secara global. Robert Kaplan menuturkan bahwa geografi secara luas akan menjadi determinan (penanda) yang mempengaruhi berbagai peristiwa lebih dari pada yang pernah terjadi sebelumnya (Foreign Policy, May/June, 09).

Gambar Peta Indonesia Lengkap dan Terbaru
Gambar Peta Indonesia

Letak Astronomi Indonesia

Letak Astronomi adalah letak suatu tempat (wilayah) dilihat dari garis lintang dan garis bujur. Garis Lintar adalah garis imajiner (khayal) yang membentang horisontal melingkari bumi, sedangkan Garis Bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal.

Garis Lintang juga dibagi menjadi dua Garis Lintang Utata dan Garis Lintang Selatan yang dibatasi oleh garis ekuator (Garis Katulistiwa). Demikian juga Garis Bujur dibagi menjdai dua yaitu garis bujur Barat dan Garis Bujur Timur yang dibatasi oleh garis Greenwich Mean Time (GMT). Pernah tahu, waktu di Indonesia biasanya adalah GMT+7. Nah, penerapannya kurang lebih dengan acuan GMT tersebut.

letak astronomi indonesia
Gambar Garis Lintang dan Garis Bujur

Berdasarkan gambar di peta di atas, maka disimpulkan bahwa Letak Astronomis Indonesia adalah 6⁰ LU (Lintang Utara) - 11⁰ LS (Lintang Selatan) dan antara 95⁰ BT (Bujur Timur) - 141⁰ BT (Bujur Timur).

Berdasarkan letak astronomi ini, maka Indonesia terletak di kawasan iklim tropis dan berada di belahan timur bumi. Hal teserbut menjadikan Indonesia selalu disinari matahari sepanjang tahun. Sehingga di Indonesia memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan hujan.

Negara-negara yang memiliki iklim tropis pada umumnya dilimpahi potensi alam yang luar biasa. Curah hujan tinggi akan membuat tanah menjadi subur, flora dan fauna juga sangat beraneka ragam.

Sedangkan pengaruh letak dilihat dari garis bujur, maka Indonesia memiliki perbedaan waktu yang dibagi menjadi 3 daerah waktu yaitu Indonesia bagian timur (WIT), Indonesia bagian tengah(WITA), dan Indonesia bagian barat(WIB).

Letak Geologis Indonesia

Letak Geologis Indonesia adalah letak suatu wilayah dilihat dari keadaan geologinya (bumi). Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 3 daerah, yaitu :
  1. daerah dangkalan Sunda
  2. daerah dangkalan Sahul
  3. daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul
Indonesia bagian barat merupakan bagian dari Benua Asia, sedangkan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari Benua Australia, sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan wilayah peralihan yang disebut daerah Wallace.

Dilihat dari segi jalur pegunungan yang ada, kepulauan Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda. Pegunungan di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Sirkum Mediterania, sedangkan pegunungan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik.

Dampak atau akibat dari letak geologis Indonesia tersebut memberikan beberapa keuntungan antara lain:
  1. kepulauan Indonesia terdapat banyak gunung api yang aktif.
  2. lautan Indonesia bagian barat dan lndonesia bagian timur dangkal, dan di Indonesia tengah lautnya dalam.
  3. Indonesia menyimpan sumber kekayaan tambang yang berlimpah tambang mineral
  4. wilayah Indonesia termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik
  5. pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
Nah, sudah tahu kan manfaat atau keuntungan dari Letak Geografis, Astronomi, dan Geologis Indonesia secara detail. Semoga bermanfaat bagi semuanya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center
Tags :

Populer Lainnya : Letak Geografis, Astronomi, dan Geologis Indonesia DETAIL

0 comments:

Post a Comment